Apakah anda Selalu Pengen Makan Manis-Manis Sebelum Menstruasi? Ternyata ini loh penyebab utamanya..!

iklan

Sebelum menstruasi, biasanya wanita mengalami banyak hal. Mulai dari mood swing yang membuat banyak orang bingung hingga nafsu makan tak karuan. Salah satu hal yang sering dialami banyak wanita adalah keinginan ngemil yang manis-manis seperti cokelat, cake, es krim dan lainnya.

Ternyata secara ilmiah, keinginan ngemil manis ini bisa dijelaskan lho. Penelitian yang dilakukan di National Institute of Nutrition and Food Technology di Tunisia menemukan bahwa keinginan ngemil makanan sebelum menstruasi bisa disebabkan oleh fluktuasi kadar hormon dalam tubuh.


Perubahan kadar hormon ini membuat para wanita ingin makan lebih banyak, secara umum bertambah 500 kalori per hari dari hari-hari biasanya. Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Endocrinology tersebut, peneliti melihat perubahan pada 30 wanita dan mereka menemukan bahwa keinginan ngemil sebelum menstruasi terutama dari karbohidrat, makanan manis seperti cokelat dan kue.

Kadar serotonin, yang memegang peran penting perubahan mood wanita menjelang menstruasi, mengalami penurunan sehingga secara alami tubuh menginginkan tambahan serotonin. Dan hal ini bisa didapat dari makanan manis yang mana bisa merangsang pelepasan "hormon bahagia" ini.

Jadi tak perlu heran mengapa kamu selalu ingin makan cokelat atau yang manis-manis menjelang datang bulan, karena ternyata tubuhmu ingin merasa lebih baik, agar perasaanmu lebih bahagia dan nggak gampang marah-marah. Saran bagus sepertinya sedia cokelat sebelum menstruasi ya ladies.