Resep Sambal Tumpang Kediri Enak yang sudah Termashyur tersebut

iklan


indonesia memang negeri yang kaya akan kuliner , dari sabang sampai merauke , setiap daerah hampir pasti mempunyai sajian kuliner khas yang unik dan beda dengan daerah lain. untuk itu kita patut berbangga.

Salah satu dari keunikan itu adalah sambal tumpang , sajian yang asli kota kediri jawa timur ini memang beda dengan sambal yang lain. perbedaan yang paling mendasar adalah dari segi bahan yang menggunakan tempe , bukan sembarang tempe , tapi tempe yang sudah hampir busuk alias disebut tempe semangit. tentu pernah tahu lah yang namanya tempe semangit. tempe seperti memang enak jika dibuat sambal. rasanya khas  dan unik.

Sambal Tumpang

Seperti sambal pada umumnya , membuatnya tentu harus menggunakan cabai , baik cabai rawit dan cabai merah. namun untuk membuat sambal ini saya bilang cukup kaya dalam menggunakan berbagai bahan dapur , ada daun jeruk , daun salam , sampai kencur , lengkuas , bahkan juga menggunakan santan.

yang pasti resep sambal tumpang ini saya rasa harus kamu praktekkan , apalagi bagi kamu yang menyukai sambal, ini patut kamu coba , keunikan dan rasa yang khas mungkin akan membuat kamu ketagihan. gak percaya? silahkan untuk bahan dan resep selengkapnya bisa kamu buat dengan mengikuti informasi resep sambal tumpang ini


Bahan membuat sambal tumpang

tempe semangit sebanyak 150 gram
cabai merah sebanyak 7 buah
cabai rawit 7 buah
bawang putih 2 siung
bawang merah 5 butir
daun jeruk 2 lembar
daun salam 2 lembar
lengkuas ukuran 1 cm , geprek
santan sebanyak 400 ml
garam dapur 1 sendok teh
gula pasir 1 sendok teh
kencur ukuran 2 cm

Cara membuat Sambal Tumpang

tempe bersihkan dengan cara di cuci sampai bersih. kemudian rebus selama 10 menit
kemudian tumis bawang merah , bawang putih , cabe merah dan cabe rawit setengah matang. kemudian haluskan. tambahkan daun jeruk , lengkuas dan juga kencur. haluskan
rebus lagi tempe semangit bersama bumbu halus diatas
masukan gula , garam dan daun salam. aduk rata
setelah tempe hancur , masukan santan
aduk rata , jangan sampai santan pecah , kecilkan api. tunggu sampai matang.

setelah matang siap disajikan, bagi anda yang rindu akan masakan yang satu ini bisa membuat sendiri tak perlu ke kota asalnya kediri. selamat menikmati.