Senin, 13 Februari 2017

Penangkal dan Cara Terbaik Membuat Susu Kedelai Penurun Kolesterol Jahat



Susu kedelai penurun kolesterol. Sebelum kita membahas tentang bagaimana membuat susu kedelai penurun kolesterol, terlebih dahulu kita akan melihat bagaimana peran kolesterol dalam tubuh kita. Pada dasarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat hormon dan vitamin D, serta merupakan bagian asam empedu yang memecah lemak dalam sistem pencernaan. 

Kebutuhan kolesterol dalam tubuh sebenarnya sudah tercukupi pada lemak yang diproduksi oleh hati namun jika mengkonsumsi makanan lemak jenuh berkadar tinggi maka hati akan memproduksi kolesterol lebih banyak lagi sehingga menyebabkan kolesterol yang berlebih. Kolesterol yang berlebih dan tak digunakan sesuai fungsinya akan bercampur dalam darah (lemak darah). Kadar kolesterol  yang berlebihan didalam darah dapat menimbulkan endapan-endapan lemak yang menempel pada dinding pembuluh darah, membentuk bekuan dan plak yang menyumbat arteri dan akhirnya memutuskan aliran darah ke jantung yang dapat menyebabkan serangan penyakit jantung atau bahkan  menghambat perdaran darah menuju otak (aterosklerosis) yang akan memicu penyakit stroke.

Akibat mengerikan itulah yang harus menjadi perhatian untuk melakukan serangkaian diet kolesterol sehingga kadar kolesterol dapat terkontrol dan aman bagi kesehatan tubuh. Salah satu diet kolesterol yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi susu kedelai. Kandungan protein dan isoflavon ataupun lesitin dalam susu kedelai dapat membantu upaya Anda dalam mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah.


CARA MEMBUAT SUSU KEDELAI PENURUN KOLESTEROL

Bahan:
Kacang Kedelai – 1/2 kg.
Vanili – 1 bungkus untuk 1/2 kg kedelai.
Gula pasir sesuai selera.
Garam  sesuai selera.

Cara membuat :
Cuci bersih kedelai dengan air yang mengalir hingga benar-benar bersih
Selanjutnya rebus kedelai sekitar 15 menit
Angkat kedelai dan rendam dengan air bersih sekitar 10-12 jam agar kedelai melunak dan kulit arinya mudah terkelupas.
Setelah itu cuci kembali kedelai dengan air bersih sambil diremas-remas agar kulit ari terkelupas.
Jika sudah selesai kedelai bisa di blender, saat memblender bisa diberi air secukupnya.
Setelah kedelai halus, maka campurlah dengan air mendidih secukupnya dan saring menggunakan saringan atau kain bersih untuk memisahkan ampas.
Susu kedelai anda sudah jadi, namun masih harus direbus lagi hingga benar-benar mendidih. Tujuanya adalah untuk mensterilkannya dari mikroba, bakteri dan juga menghilangkan bau dari kedelai. Jangan lupa masukan juga vanili agar aromanya semakin lezat.
Setelah mendidih maka kecilkan api dan aduk aduk susu kedelai selama kurang lebih 15 menit. Tujuanya agar sari sari kedelai tidak mengendap serta membuat susu kedelai lebih tahan lama.
Setelah itu anda bisa menambahkan gula dan sedikit garam sesuai dengan selera.
Minuman ini cocok di sajikan selagi hangat maupun di dingankan dulu di kulkas.


Mudah bukan ... membuat sendiri minuman susu kedelai yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol. Ngomong - ngomong masih ada banyak jenis bahan makanan yang bagus 
cara membuat susu kedelai penurun kolesterol
untuk menurunkan kolesterol jahat. 


Berikut ini adalah beberapa jenis makanan penurun kadar kolesterol jahat :

1. Blueberry. Blueberry mengandung sejumlah besar zat yang melawan kolesterol jahat. Senyawa dalam blueberry (pterostilbene) dapat membantu menurunkan kolesterol seefektif obat komersial dengan efek samping yang lebih sedikit.

2. Alpukat. Lemak tak jenuh pada alpukat adalah jenis yang menyehatkan karena dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL Anda.

3. Kacang-kacangan. Kenari, almond dan kacang-kacangan lainnya dapat mengurangi kolesterol darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa memakan beberapa kenari setiap hari dapat menurunkan kolesterol Anda sebanyak 27 persen. Kandungan lemak Omega-3 dan antioksidan pada kacang-kacangan menjadi penurun kolesterol, bekerja untuk merehabilitasi kerusakan arteri yang disebabkan oleh lemak jenuh.

4. Bawang putih. Bawang putih memiliki efek positif pada kolesterol jahat, disamping itu tetap menjaga kolesterol baik. Banyak uji klinis telah melihat peran dan manfaat bawang putih pada penyakit jantung, terutama dengan menurunkan kolesterol total, kolesterol LDL dan trigliserida. American Dietetic Association menyarankan agar mendapatkan manfaat kesehatan bawang putih, kita harus mengonsumsi 600 – 900 mg (sekitar 1 siung segar) per hari.

5. Yogurt dengan probiotik. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa probiotik Lactobacillus acidophilus dan Lactobacillus reuteri benar-benar membantu menurunkan kolesterol. Mereka bekerja dengan mencegah reabsorpsi kolesterol kembali ke aliran darah. 

6. Teh hijau. Penelitian di Jepang menemukan bahwa theanine pada teh hijau bermanfaat sebagai penurun kolesterol yang efektif, meningkatkan kolesterol baik dan mencegah pembentukan kolesterol jahat. Anda harus meminum minimal empat cangkir teh hijau bebas gula setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya.

7. Produk kedelai. Produk kedelai seperti susu kedelai, tahu dan tempe tidak hanya mengurangi kolesterol Anda, tetapi juga kaya protein.

8. Tomat. Meminum dua gelas jus tomat sehari menurunkan kolesterol jahat dari tubuh Anda secara signifikan.

9. Buah delima. Ini juga merupakan penurun kolesterol yang baik. Sebuah studi oleh National Academy of Sciences (AS) menunjukkan bahwa jus buah delima mengurangi penumpukan plak kolesterol dan meningkatkan produksi oksida nitrat yang membantu mengurangi plak arteri.5. Buah Anggur. Buah anggur merah meningkatkan kolesterol baik. Dianjurkan untuk minum dua gelas jus anggur setiap hari.

Demikianlah pembahasan seputar susu kedelai dan beberapa sumber makanan yang dapat menurunkan kolesterol jahat, mudah mudahan bermanfaat. 
Back To Top