Senin, 03 April 2017

Cacar air menyerang ??... Segera Lakukan Hal-hal berikut ini..!!!





Penyebab Cacar air adalah Virus yang dikenal dengan nama Varicella Zoster. Penyakit ini sangat mengganggu karena menimbulkan bintil – bintil merah yang gatal dan juga berisi cairan. Selain itu penyakit yang satu ini juga sangat menular. Penularan bisa lewat pernafasan, kontak langsung dengan penderita atau juga memakai pakaian penderita. Gejala yang timbul akibat virus ini diantaranya:

1. Sakit kepala
2. Nyeri otot dan persendian
3. Gatal di sekitar luka
4. Bintik kemerahan yang berisi cairan dan seperti melepuh
5. Demam, terjadi karena proses infeksi
6. Sakit tenggorokan 2-3 hari

Penderita biasanya akan mengalami cacar air hingga 2-3 minggu. Penyakit ini terbilang cukup lama penyembuhannya. Karena penyakit ini menular, penderita biasanya diharuskan melalui masa karantina di rumah sekitar seminggu. Lalu, adakah obat tradisional cacar air yang dapat mengobati dengan mudah dan efektif ?

Meskipun penyakit ini bisa hilang dengan sendirinya setelah 2-3 minggu, namun untuk mencegah penyakit semakin serius sebaiknya gunakan obat tradisional terlebih dahulu sebelum berkonsultasi ke dokter. Adapun obat tradisional untuk mengobati cacar air adalah sebagai berikut ini:

Buah Mengkudu (Morinda citrifolia)

Mengkudu atau dalam bahasa daerah lainnya adalah Pace, Kemudu, Kudu (Jawa) , Cangkudu (sunda) dan Tibah  (Bali) merupakan buah yang kaya akan khasiat, salah satunya adalah berkhasiat untuk menyembuhkan cacar air.
Caranya yaitu sebagai berikut ambil sebanyak 30 gram buah mengkudu matang, cuci bersih, lalu blender hingga halus untuk dijadikan jus. Setelah itu, minum ramuan tersebut secara rutin 2-3 kali sehari.

Kacang Hijau (Vigna radiata)

Bahan yang dipergunakan adalah tumbukan kacang hijau.
Caranya adalah rendam kacang hijau dan tunggu hingga mengembang, tujuannya adalah supaya menjadi lunak, kemudian tumbuk hingga halus dan siap untuk dioleskan pada kulit yang terkena cacar air.

Temulawak (Curcuma zanthorrhiza)
Cara berikutnya adalah dengan mempergunakan Temulawak. Caranya adalah dengan membuat ramuan jamu temulawak.
AKumpulkan bahwan berupa 15 gram Temulawak, 15 gram Asam Jawa dan air sebanyak 600ml. Temulawak dicuci hingga bersih kemudian potong kecil-kecil dan masukan semua bahan tadi kedalam panci untuk direbus hingga mendidih. Tunggu hingga rebusam tadi sampai setenganya dan ramuan temulawak siap untuk disajikan.

Jagung Muda (zea mays)

Salah satu kasiat dari jagung muda adalah sebagai obat Cacar Air. Mudah, murah dan banyak ditemukan disekiar kita adalah kelebihan dari obat yang satu ini.

Caranya yaitu Cuci jagung muda kemudian parut. Parutan Jagung muda sudah siap diperrgunakan yaitu dengan cara dioleskan pada kulit yang terkena cacar air. Cara pengobatan dengan jagung dapat dipergunakan mulai dari tahap pengobatan, Penyembuhan hingga dipergunakan untuk menghilangkan bekas cacar air di kulit.

Cara Mengobati Cacar Air Agar Cepat Kering

Ada beberapa tips yang bisa lakukan agar cacar air cepat kering. Beberpa obat yang digunakan untuk mengatasi cacar air hampir sama dengan onbat yang digunakan untuk mengatasi herpes karena dua penyakit ini sama-sama disebabkan oleh virus.
Beberapa tips cara mengatasi cacar air antara lain:

Mengatasi gatal

Cara mengatasi gatal karena cacar air ini bisa dilakukan dengan memberikan obat atau bedak anti gatal misalnya salicyl. Obat ini sangat berguna sekali untuk mengatasi cacar air. Taburkan juga di kulit yang belum terdapat cacar air, hal ini berfungsi untuk mencegah cacar air menyebar ke kulit yang sehat.

Salep

Bila bentolan yang berisi air sudah pecah sehingga timbul seperti kerak pada luka dapat diberi salep antibiotik untuk mencegah timbulnya Infeksi . Sebelum luka mengering obat yang untuk virus seperti asiklovir, valasiklovir,

Pantangan bagi Penderita Cacar Air atau Varicella

Beriku kami informasikan beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan oleh penderita cacar air, yaitu :
1: Tidak keluar rumah. Terutama bila cuaca sedang tidak bagus misalnya terlalu panas atau dingin. Karena hal ini bisa menimbulkan alergi pada cacar sehingga penyakir cacar air ini bisa membutuhkan waktu yang lebih lama untuk penyembuhannya. Bila terpaksa gunakan pelindung tubuh atau jaket. Perhatikan pula bila ada angin yang berhembus. Karena angin yang bertiup mampu membawa virus penyebab penyakit cacar ke tempat lain, sehingga bisa menular pada orang disekitarnya.

2: Jangan mengkonsumsi makanan yang terlalu dingin. Hawa dingin yang ditimbulkan punya pengaruh pada daya tahan tubuh yang menjadi lemah. Sehingga virus cacar air akan mudah berkembang. Akibatnya adalah, virus cacar semakin mudah melakukan serangan. Bintik bintik di tubuh juga bisa semakin banyak dan tidak mudah mengering.

3: Pilih makanan tertentu. Untuk sementara konsumsi makanan yang tidak banyak mengandung minyak serta tidak amis. Makanan yang mengandung minyak adalah gorengan, kacang tanah dan lain lain. Sedang makanan yang amis misalnya telur ayam, ikan, daging ayam dan sebagainya. Lakukan pantangan cacar air ini dengan penuh kedisiplinan agar penyakit yang diderita lebih cepat sembuh. Lebih baik perbanyak makan sayur dan buah buahan yang segar.

4: Jangan berdekatan dengan penderita cacar air. Bila ada orang di sekitar kita yang sudah terkena disarankan untuk tinggal di dalam rumah atau kamar saja. Karena meski tergolong ringan, namun cacar air mudah menular. Hal ini tentu membutuhkan kesadaran dari penderita sendiri serta orang yang dekat dengannya.

5: Tidak memakai baju yang sama. Pantangan cacar air yang ini juga harus di laksanakan secara sungguh sungguh. Tidak hanya pakaian saja, namun juga handuk, sapu tangan, bahkan semua benda yang dipakai oleh penderita, sebaiknya jangan kita gunakan. Bila dipandang perlu, pakaian yang belum dicuci juga dipisahkan dari pakaian yang lain. Terutama sekali bila bintik bintik yang muncul sudah membesar serta pecah dan mengeluarkan cairan. Karena ketika cairan tersebut juga menempel pada pakaian, maka kemungkinan untuk tertular juga makin besar.

Demikian artikel Mengatasi Cacar Air Cepat dan Mudah semoga bermanfaat......






Back To Top