Rabu, 28 Desember 2016

LUAR BIASA...!! Manfaat Medis Labu Untuk Kesehatan Menurut Pengobatan Islam



Rasulullah Saw. menyebut sayur labu dengan yaqtin, Al-qar’u dan Ad-Duba’u. Ada beberapa jenis labu, antara lain labu siam dan lainnya. Labu merupakan sayuran yang mudah untuk memasaknya dan mudah untuk dicerna. Oleh karena itu manfaat medis labu cocok untuk Anda yang mempunyai masalah organ perut yang lemah. Selain itu manfaat medis labu baik untuk anak-anak.

Jenis Dan manfaat Medis Labu Bagi Kesehatan

Selain labu siam, ada juga jenis labu lainnya yaitu labu manis (labu madu) atau juga disebut Al-Qor’u dan Labu islambuly. Jenis labu ini memiliki kandungan yang kaya nutrisi dan gizinya dibandingkan dengan labu siam.

Ada lagi jenis lain yaitu Al-Qar’u Baladi atau labu lokal jenis labu ini mempunyai kandungan nutrisi dan nilai gizi yang lebih sedikit bila dibandingkan dua jenis labu di atas.


manfaat medis labu

Allah Swt. berfirman,“Dan kami tumbuhkan untuk dia sebatang pohon dari jenis labu” (Ash-Shaffat[37]:146). Ia merupakan jenis labu yang dalam sejarah telah menyelamatkan nabi Yunus As. ketika beliau keluar dari perut ikan paus di pantai, sedang beliau saat itu dalam keadaan tanpa busana, di sebuah tempat yang sepi sunyi, di tengah padang pasir. Maka Allah Swt. berkehendak untuk menutupi aurat nabi Yunus As. dan melindunginya dari panas sinar matahari. Kemudian Allah Swt. menumbuhkan di atas tanah tersebut pohon yang penuh barakah ini, yaitu pohon jenis labu.

Rasulullah Saw. bersabda,“Hendaklah kamu sekalian mengkonsumsi buah labu, karena sesungguhnya buah labu itu (berkhasiat) menambah (kecemerlangan) otak dan akal pikiran.” (HR. Ath-Tabrani)

Manfaat Medis Labu Menurut  Pakar Kesehatan Islam Dan Hadits Rasulullah Saw.

Pemuka pakar medis islam, Ibnu Sina menuturkan bahwa air perasan buah labu berkhasiat meredakan penyakit telinga yang sudah parah, terutama apabila penggunaannya dengan dicampur minyak mawar.

Buah labu juga sangat berguna dalam menyembuhkan tumor pada otak dan penyakit pada tenggorokan. Adonan buah labu bermanfaat untuk mengobati penyakit batuk dan penyakit pada organ dada.

Dengan meneteskan beberapa tetes air jus labu, sangat bermanfaat untuk meredakan sakit gigi. Ia pun dapat berguna untuk menghilangkan rasa haus dan dahaga, serta bermanfaat mengobati demam. Ini dikutip dari kitab karya Ibnu Sina, Al-qanun Fith- Thibby.



Hadist yang diriwayatkan oleh Anas Ra. ada seorang penjahit yang mengundang Rasulullah Saw. untuk menyantap hidangan yang dimasaknya, Anas berkata, lalu aku pergi dengan Rasulullah Saw. Sang penjamu menyuguhkan roti gandum dan kuah yang berisi labu dan dendeng ke dekat Rasulullah Saw. Anas berkata,“Aku lihat rasulullah Saw. terus mengambil labu dari sekitar pinggan, maka semenjak itu aku  menjadi suka dengan buah labu.”

Abu Thalut berkata,“Aku datang menemui Anas bin Malik Ra. yang sedang mengkonsumsi buah labu.” Kemudian dia berkata,”Engkau wahai (buah labu) kiranya adalah tanaman yang aku cintai, karena kecintaan Rasulullah Saw. kepadamu.”

Dalam hadits lainnya yang diriwayatkan oleh Hisyam bin Urwah dari ayahnya, dari Aisyah Ra. bahwsanya beliau berkata,“Rasulullah bersabda kepadaku,”Wahai Aisyah! Apabila engkau hendak memasak di dalam tungku ( sebuah masakan), maka perbanyaklah buah labu di dalamnya, karena sesungguhnya ia dapat (berkhasiat) menguatkan hati yang sedih.”

Kandungan Dan Manfaat Medis Labu Untuk Kesehatan

Buah labu kaya akan kandungan vitamin A, B, dan asam-asam lousin. kandungan-kandungan tersebut sangat berkhasiat untuk mengobati peradangan-peradangan pada saluran kencing, mengobati penyakit wasir, menyembuhkan masalah sembelit atau susah BAB, dan menyembuhkan penyakit susah tidur atau insomnia.

Inilah Khasiat Dan Manfaat Medis Labu Untuk Pengobatan Penyakit
Khasiat labu untuk menyembuhkan penyakit sudah tidak di ragukan lagi, berikut akan saya berikan tips labu untuk pengobatan masalah Anda, adalah sebagai berikut:

1. Manfaat Medis Labu Untuk Sembelit (susah buang air besar)

Untuk pengobatan masalah sembelit yang parah,  Anda bisa menggunakan buah labu untuk menyembuhkannya, yaitu dengan cara air rendaman atau perasan labu, lalu diminum sebelum sarapan pagi. Dalam waktu tiga hari insya Allah akan sembuh.

2. Manfaat medis Labu Untuk Meningkatkan  Jantung

Anda juga akan mendapatkan manfaat untuk meningkatkan kinerja serta menguatkan jantung. Dengan mencampur buah labu dengan madu yang dibuat selai. Membuatnya cukup mudah, campuran dari buah labu yang dibuat pasta dan dicampurkan madu di dalamnya.

3. Manfaat Medis Labu Untuk Mengobati Masalah Kesehatan Mata Dan Gigitan Anjing

Dengan Anda mengkonsumsi buah labu yang direbus, maka hal ini akan berkhasiat mengobati rabun jauh, karena buah labu yang direbus, kaya akan kandungan vitamin A dan B. Sedang pada daun-daunnya buah labu dapat dibuat ramuan obat oles yang berguna untuk luka bekas gigitan anjing, yaitu dengan cara dibalutkan pada luka, maka manfaat medis labu akan menjauhkan dari penyakit rabies.


Demikianlah bahasan tentang luar biasanya manfaat medis labu untuk kesehatan Anda, Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan khasiat-khasiatnya?, maka tidak ada salahnya untuk mulai menyukai buah labu ini. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dan salam sehat!!





Back To Top