Baru Tahu ternyata Manfaat Senna Mekah Untuk Obat Penyembuhan Penyakit Secara Alami

iklan


Senna adalah jenis tumbuhan yang ditanam di Mekah Al-Mukarramah dan di jazirah arab. Tanaman ini mempunyai manfaat bagi penyembuhan berbagai macam penyakit. Senna mekah  bisa tumbuh secara baik di daerah Mekah, oleh karena itu tanaman ini dikenal dengan senna mekah. Penyakit apa saja yang mampu disembuhkan oleh senna mekah?. Simak lebih lanjut pembahasannya.

Manfaat senna mekah dipercaya sejak dahulu sampai sekarang digunakan untuk penyembuhan. Para dokter memilih tumbuhan ini untuk dibuat obat-obatan modern seperti Puiseennid dalam bentuk kapsul maupun sirup. Dari tanaman inilah banyak obat-obatan modern yang menggunakan sebagai bahannya.

Manfaat Senna Mekah Untuk Penyembuhan Segala Penyakit

Dari Anas ra, dia berkata bahwasannya Rasulullah bersabda: “Ada tiga pengobatan, di dalamnya mengandung penyembuhan segala penyakit kecuali kematian, yaitu senna dan sannut.”

manfaat Senna mekah

Dari hadits ini, Imam Al-munawi mensyarahkan bahwa senna adalah” tumbuhan yang terkenal bebas efeksamping, mengencerkan empedu kuning dan hitam, serta berkhasiat menguatkan jantung.” Beliau juga mengatakan, ” Bermanfaat bagi orang yang terkena was-was, orang yang mempunyai masalah gangguan mata dan orang yang kejang otot“.

Senna mekah juga berkhasiat menghitamkan rambut, menghilangkan kutu, mengobati pusing, kudis serta masalah gatal pada kulit. Jika direbus dengan minyak lalu diminum, maka bermanfaat untuk mengobati nyeri punggung dan pinggul.

Dr. Muhammad Albar berbicara panjang lebar tentang manfaat tanaman senna, dalam bukunya Al-Istisyfa’ bis-sana Wa assannut. Dari buku tersebut mengungkapkan beberapa manfaat senna, adalah sebagai berikut:

Menghilangkan bawasir.

Menghilangkan pusing.

Bermanfaat bagi orang yang menderita asam urat.

Bermanfaat bagi orang yang mengalami nyeri sendi.

Mengobati demam, radang tenggorokan dan asma.

Digunakan untuk obat kumur sebagai obat radang tenggorokan.

Mencegah kerontokan rambut, memanjangkan dan menghitamkan rambut.

Sebagai ekspektoran yaitu obat yang bisa merangsang pengeluaran dahak dari saluran pencernaan.

Apabila direbus dengan minyak lalu diminum dapat menghilangkan racun.

Sebagai obat pencegahan macam penyakit.

Bermanfaat untuk penyakit epilepsi.

Beliau juga mengatakan lain yang luar  bahwa senna tidak menimbulkan efeksamping, pada janin sekalipun diminum oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Manfaat lain yang luar biasa adalah mampu melawan virus, melawan pertumbuhan jamur dan mikroba. Beliau meyakini Bahwa dalam waktu dekat penelitian ilmiah akan menetapkan bahwa senna mekah dapat menjadi obat AIDS.


Cara Penggunaan Manfaat Senna Mekah Untuk Obat Penyembuhan Penyakit.

Manfaat senna mekah bisa Anda peroleh dengan berbagai macam cara. Berikut adalah cara menggunakan senna mekah untuk penyembuhan dan pengobatan penyakit, antara lain:

3 sampai 10 gram senna ditumbuk lalu dimakan.
21 sampai 23 gram senna direbus lalu diminum.
21 sampai 33 gram senna direbus dengan minyak lalu diminum.
3 sampai 10 gram daun senna, 40 gram madu, dan 40 gram lemak sapi, lalu ditumbuk jadi satu kemudian dimakan.
7 lembar daun senna direndam dengan air semalam, lalu paginya diminum. Lakukan selama 4 hari.
Kesimpulan Khasiat Dan Manfaat Senna Mekah

Selain sebagai obat penyembuhan, senna juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan jika dikonsumsi tiap bulan atau maksimal 3 bulan sekali. Karena tanaman ini bisa membersihkan saluran pencernaan secara sempurna dari sisa-sisa kotoran yang masih menempel, yang bisa menyebabkan pembusukan sehingga timbul berbagai penyakit.

Sudahkah kita berobat dengan Senna mekah?. Sebuah penelitian tentang manfaat daun senna serta buahnya, dan hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa senna adalah obat pencahar yang paling baik. Tanaman senna dianggap sebagai tanaman penting yang tercantum dalam farmakope Eropa, amerika, india dan cina. Di negara-negara tersebut sudah ada obat modern yang berbahan dari daun senna dan telah dipasarkan seluruh dunia.

Kegunaan Dan manfaat  Senna  Mekah Pada Daunnya Untuk Pengobatan

1.Daun Senna Sebagai Pencahar Terbaik

Tidak diragukan lagi bahwa khasiat senna sebagai pencahar yang paling bagus, meskipun bagus bukan secara mutlak. Hal ini karena reaksi akan muncul ketika sampai di kolon atau usus besar. Penguraian akan sempurna dengan bantuan bakteri coli yang berada di dalam usus besar tersebut.

Senna juga tidak mempengaruhi penyerapan nutrisi makanan sebagaimana obat-obat pencahar lain yang menyebabkan usus halus tidak dapat berkontraksi sehingga terjadi sembelit, dan membuat ketergantungan dengan obat tersebut.

2. Daun Senna Sebagai Obat Pembersih Darah

Di india sudah banyak obat yang dihasilkan dari bahan daun senna ini, Daun senna mekah digunakan sarinya untuk dibuat obat pembersih darah. Bahkan obat-obat tersebut sudah dipasarkan ke seluruh negara.

3. Senna Berkhasiat Melawan Virus

Ternyata daun senna mampu melawan virus. Hal ini dibenarkan oleh hasil penelitian bahwa hasil dari ekstraksi residu protein yang terdapat pada senna, khususnya senna siam mampu menghentikan perkembangan virus secara total.

4. Senna Tidak Mempunyai Efeksamping

Senna itu tidak terserap ke dalam usus, sehingga sangat aman dikonsumsi. Bahkan dikonsumsi oleh ibu hamil sekalipun. Ibu hamil yang mengkonsumsi senna akan aman untuk janin. Hal ini disebutkan oleh Ensiklopedi farmasi martinhile, bahwa wanita yang menyusui boleh minum senna, karena tidak akan meresap ke dalam ASI.

5. Senna Sebagai Obat Sembelit

Profesor Sibler, salah satu pakar obat-obatan dunia, mengatakan bahwa obat sembelit yang banyak beredar sekarang, adalah terbuat dari bahan baku Tumbuhan senna. Di dalam usus besar, obat tersebut menjadi stimulan otot-otot usus besar untuk kontraksi total sehingga kotoran pun keluar secara ilmiah.

Demikianlah bahasan tentang manfaat senna mekah bagi kesehatan  dan khasiatnya pada penyembuhan berbagai macam penyakit, semoga bermanfaat dan salam sehat!!