Cara Mengatasi Depresi Menurut Islam Dengan Talbinah



Depresi berawal dari keadaan stres yang meningkat. obat depresi alami  bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat herbal yaitu talbinah. Jika mengalami depresi  Anda bisa datang ke psikolog atau meminum obat antidepresan. Namun saran saya jangan terburu-buru untuk meminum obat antidepresan karena ada obat depresi alami yang aman juga ekonomis yaitu cara mengatasi depresi dengan talbinah.

Pengertian Dan Cara mengatasi Depresi Menurut Islam Dengan Talbinah

Apa itu talbinah?. Talbinah adalah Asupan encer yang terbuat dari tepung dan dedak gandum. Pedoman obat depresi islami menganut pada hadits dari aisyah ra. Bahwa jika salah satu anggota keluarganya meninggal maka wanita berkumpul, kemudian mereka pulang ke keluarganya masinh-masing. Aisyah ra. menyuruh untuk diambilkan semangkok talbinah, lalu dimasak. setelah itu buatlah roti, kemudian tuang talbinah itu. Kemudian ia berkata” makanlah ini, dan sesungguhnya, aku mendengar rasulullah Saw. Bersabda,” talbinah membuat nyaman hati orang-orang yang sakit dan menghilangkan sebagian kesedihannya. (HR. Al Bukhori).

Cara mengatasi depresi

Ahli pengobatan kontemporer menyatakan bahwa kekurangan vitamin B, kalium atau potasium, magnesium dan materi-materi penting lainnya bisa menjadikan hati seseorang menjadi sedih. Para spesialis menyarankan agar memakan makanan yang tinggi dari unsur-unsur tersebut dan yang paling banyak adalah pada gandum.

ilmu kedokteran modern menyatakan bahwa kandungan pada gandum terdapat unsur-unsur yang berpengaruh secara signifikan dalam mengurangi depresi dan kesedihan seperti, kalium, magnesium, antioksidan dan lainnya. Materi tersebut banyak dikandung dalam gandum.

Saat tubuh mengalami kekurangan kalium, perasaan timbul pada hati manusia akan bertambah, hal ini juga menjadikan seseorang mengalami depresi, cepat marah dan emosi. Bagaimana mengatasi depresi pikiran tersebut?

Penelitian Tentang Cara Mengatasi Depresi Secara Alami Dengan Gandum Atau Talbinah

Menurut penelitian ilmiah mengisyaratkan bahwa unsur-unsur semisal kalium dan magnesium berpengaruh kuat pada jaringan syaraf manusia yang membantu meringankan depresi. Penelitian ilmiah menggunakan kata meringankan depresi. Hal tersebut sesuai dengan hadits Rasulullah Saw.

“Talbinah membuat nyaman hati orang yang sedang sakit dan menghilangkan sebagian kesedihannya.” (HR. Bukhori)

Amatilah betapa mengenanya ungkapan yang diucapkan rasulullah Saw. pada konsep penyembuhan modern saat ini. Berbagai penelitian menguatkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium mampu melindungi kita dari hipertensi, karena potasium dapat menyeimbangkan kadar garam dan air dalam sel-sel tubuh. Kalium juga dianggap komponen penting dalam ruang perawatan intensif (ICU) diseluruh dunia. Bahkan penyutikan kalium dilakukan pada situasi darurat.


Maka, tidak ada alasan sebagai halangan kita mengkonsumsi roti gandum dan turunannya sehingga hal tersebut dapat memberi asupan akan kandungan kalium, serta membantu pembuangan air seni menjadi lancar. Gandum yang dibuat talbinah merupakan makanan, pelindung dan sebagai obat. Terlebih lagi bahwa rasulullah mengkonsumsi roti gandum tanpa dedak. Makanan yang dipilihkan Allah Swt. untuk beliau yang niscaya memberi manfaat yang besar pada kandungannya.

Hasil diagnosa dokter jiwa juga menyebutkan bahwa penelitian berbagai penyakit kejiwaan berdasarkan analisa teori. Dengan perkembangan ilmu kedokteran saat ini, para dokter spesialis syaraf dan otak menggolongkan depresi sebagai akibat dari ketidakseimbangan kimiawi dalam tubuh. Mereka menemukan bahwa menyembuhkan depresi dengan menggunakan makanan akan lebih baik dibandingkan menggunakan obat kimia atau Antidepresan.

Pengobatan depresi dengan makanan yaitu gandum dengan dibuat talbiah ini, bebas dari efeksamping yang tidak diinginkan. Sungguh, rasulullah telah mendahului mereka dalam mengobati depresi dengan talbinah, hal ini terbukti dengan sabda beliau:“Talbinah membuat nyaman hati yang sedang sakit dan menghilangkan sebagian kesedihan.” (HR. Bukhori).

Tips Cara Mengatasi Depresi Secara Alami

Ada tips yang bisa untuk mencegah dan meringankan depresi. Tips ini akan membuat tingkat stres Anda bisa berkurang, inilah beberapa hal yang bisa mengurangi depresi dan stres:

1.Olahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang menyehatkan, disamping itu dengan berolahraga akan mengurangi depresi. Olahraga yang bersifat permainan bisa Anda pilih sebagai solusinya, karena olahraga permainan bersifat menyenangkan. Olahraga jenis permainan ini seperti badminton, tenis meja dan lain sebagainya.

Cobalah jenis olahraga permainan yang Anda sukai, lakukan rutin minimal satu kali dalam seminggu. Dengan berolahraga badan menjadi sehat, jiwapun menjadi sehat juga.


2. Game

Permainan atau game.  Bermain game tidak selamanya punya dampak buruk, ternyata dengan bermain game kita bisa menurunkan tingkat stres yang mengakibatkan depresi. Luangkan waktu bermain game, nikmati permainan di dalamnya. Banyak pilihan game, apalagi sekarang banyak layanan game untuk ponsel android. mainkan cukup 15 sampai 20 menit setelah beraktifitas.

3. Berkumpul Dengan Keluarga

Berikan waktu Anda untuk keluarga. Bisa dengan sekedar ngobrol atau sekedar bermain dengan anak-anak setelah melakukan rutinitas Anda. Hal ini akan membuat kepenatan, stres pada pekerjaan menjadi berkurang atau paling tidak melupakan sejenak permasalahan Anda. Berilah otak kita untuk istirahat dari permasalahan sejenak.

4. Jalan-Jalan

Cobalah luangkan waktu Anda untuk jalan-jalan. Pilih tempat yang sejuk dan asri, yang membuat hati tenang. Seperti jalan- jalan ke perkebunan teh, dengan melihat hamparan hijau daun teh dan udara yang sejuk dan segar akan mendamaikan dan menenangkan hati Anda. Anda juga bisa Jalan-jalan ke tempat kesukaan Anda yang lain seperti pantai dan lain sebagainya.

5. Membaca Buku

Membaca buku akan menambah wawasan dan ilmu. Tidak hanya itu saja, ternyata dengan membaca membantu mengurangi depresi dan tekanan pikiran. Sepulang aktivitas atau bekerja, luangkan waktu  untuk membaca untuk mengurangi stres Anda.

Demikianlah tips untuk meringankan tingkat stres yang bisa menjadi depresi Dan jangan lupa mencoba cara mengatasi depresi dengan talbinah yang telah terbukti secara medis. Semoga bermanfaat dan salam sehat!!