Manfaat Bersiwak Bagi Kesehatan Dan Pengobatan Dalam Islam




Manfaat bersiwak bagi kesehatan dan pengobatan dalam islam. Bersiwak adalah cara membersihkan gigi dengan pohon kayu siwak. Bersiwak selain menyehatkan mulut, bersiwak juga merupakan sunnah nabi.  Siwak (pembersih gigi) itu dimanfaatkan dari dahan pohon Al-Arak. Pohon kayu siwak  ini merupakan tanaman gunung yang mempunyai banyak ranting dan mempunyai aroma wangi. Banyak juga dahan pohon kayu siwak lain  yang digunakan sebagai siwak, namun yang terbaik untuk siwak adalah akar Al-arak.

Manfaat siwak menurut islam tidak hanya untuk menjaga kebersihan gigi saja, akan tetapi berkhasiat untuk menjaga kesehatan mulut juga. Selain itu masih banyak lagi khasiat dan manfaat bersiwak bagi kesehatan kita, yuk kita simak lebih lengkapnya.

Manfaat Bersiwak Menurut Islam

Manfaat siwak menurut islam berdasarkan hadits hadits Rasulullah Saw.  Beliau bersabda,“Sekiranya aku tidak memberatkan umatku, niscaya aku akan memerintahkan kepada mereka untuk selalu bersiwak tatkala hendak menunaikan sholat.”

Manfaat bersiwak cara Rasulullah, dalam hadits yang lain disebutkan juga, bahwasannya Rasulullah Saw. Apabila bangun (dari tidur) pada malam hari, beliau menggosok (membersihkan) mulutnya dengan siwak. Disebutkan dalam hadits Al bukhori terkait dengan sabda Rasulullah Saw. yang berbunyi,“Siwak itu merupakan pembersih mulut dan menjadikan ridha bagi Rabb (Allah Swt.).”

Manfaat bersiwak bagi kesehatan

Dalam shahih muslim menyebutkan juga bahwa rasulullah Saw. bersiwak tatkala hendak menghadapi kematian. Demikian pula halnya denga riwayat, bahwasannya Rasulullah Saw. Pernah bersabda,”Aku benar-benar meminta kepada kalian untuk memperbanyak (melakukan) siwak.” (HR. Bukhori)

Bahan yang baik untuk digunakan sebagai siwak dan mempunyai manfaat bagi kesehatan gigi, adalah dari dahan atau kayu tanaman Al-arak dan sejenisnya. Sebaiknya menggunakan bahan siwak jangan asal mengambil dari tanaman yang belum jelas khasiat dan manfaatnya untuk gigi. Hal ini perlu kita hindari, karena bisa saja bahan yang digunakan itu mengandung racun.


Gunakanlah siwak secara bijak, menggunakan siwak secara berimbang atau berlebihan, karena apabila menggunakan siwak dengan cara yang berlebihan,barang kali malah menghilangkan keindahan dan kebersihan gigi. Bersiwak dengan berlebihan juga akan mengakibatkan gigi menerima uap kotor, dan kotoran yang naik dari  perut yang menyebabkan aroma tidak sedap.


Oleh karena itu, selama pemakaian siwak itu normal dan porposional, maka gigi pun akan menjadi cemerlang dan gusi pun menjadi kuat. Manfaat bersiwak menjadikan lidah menjadi lancar dan fasih dalam berbicara, bebas dari gigi berlubang dan keropos, bau mulut menjadi wangi dan segar, menjernihkan otak dan meningkatkan nafsu makan.

Manfaat bersiwak cara rasulullah yaitu menggunakan siwak yang baik adalah dengan dibasahi terlebih dahulu dengan air bunga mawar, dan akan menambah khasiatnya lagi, apa bila ditambahi dengan pangkal pala.

Manfaat Bersiwak Cara Rasulullah Saw.

Disebutkan dalam kitab At-Thibbun Nabawi karya Ibnul Qayyim AL-Jauziyyah, bahwa didalam siwak tersebut mengandung bermacam-macam manfaat , diantaranya ialah, mengharumkan bau mulut, memperkuat gigi, menghilangkan lendir dan dahak, mempertajam penglihatan mata, mencegah gigi berlubang dan keropos, menyehatkan lambung, menjernihkan suara, membantu proses pencernaan, memperlancar lidah dalam berbicara, menyegarkan dan meningkatkan vitalitas dalam membaca alqur’an dan mengusir kantuk. Sungguh banyak manfaat bersiwak bagi kita, maka Anda patut mencobanya.

Cara Bersiwak Yang Benar menurut Waktu Penggunaannya.

Dengan rutin bersiwak sesuai yang dianjurkan oleh Rasulullah maka akan kita dapatkan manfaat bersiwak yang luar biasa bagi kesehatan, berikut adalah anjuran menurut Rasulullah Saw, Penggunaan siwak ini dianjurkan setiap waktu dan lebih ditekankan lagi, saat hendak menunaikan sholat maupun ketika berwudhu, bangun dari tidur atau pada saat perubahan pada bau mulut yang tidak sedap.

Manfaat Bersiwak Untuk Kesempurnaan Ibadah Dan Ridha Allah Swt.

Bersiwak juga sangat dianjurkan pada orang yang sedang menjalankan ibadah puasa maupun tidak, agar menggunakan siwak setiap waktu. Disebutkan dalam As-sunnah yang diriwayatkan oleh Amir bin Rabiah ra. bahwasannya beliau berkata,“Aku telah melihat Rasulullah Saw.(dalam beberapa kesempatan) yang tidak bisa aku hitung jumlahnya melakukan siwak, sedang beliau sedang berpuasa.”

Imam Al Bukhori juga berkata,“Bahwasannya Ibnu Umar berkata,”Beliau Rasulullah Saw. bersiwak pada awal siang (pagi hari) dan pada akhir petang (sore hari).” 

Demikian Rasulullah Saw. sangat menjaga kebersihan dan kesehatan giginya, Dengan hal ini Islam sangat benar-benar menganjurkan kita untuk senantiasa menjaga kebersihan gigi dan mulut kita, dalam setiap akan beribadah atau dalam waktu lain dalam keseharian kita. Ini merupakan sunnah nabi, jika kita melakukannya banyak manfaat bersiwak yang bisa kita dapatkan.

Dari uraian diatas, saya menyimpulkan manfaat bersiwak bagi kita , yaitu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut, merupakan ibadah jika kita melakukannya, karena sunnah Rasulullah Saw.

Demikianlah Pembahasan singkat tentang manfaat bersiwak bagi kesehatan menurut islam, semoga bermanfaat dan salam sehat.