MENAKJUBKAN...!!! 8 Cara Alami Mengencangkan Perut Kendur Setelah Melahirkan

iklan


Melahirkan adalah sebuah kodrat bagi perempuan dan merupakan sebuah anugerah yang diberikan oleh Tuhan. Bagi ibu yang baru pertama kali melahirkan, pasti akan mengalami berbagai hal yang menarik pasca melahirkan, seperti misalnya biasanya bentuk perut serta pinggul akan menjadi lebih besar dari sebelumnya. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, ibu tetap bisa berusaha untuk membuat perut yang kendor agar dapat ramping kembali sehingga penam

pilan tetap menarik.

Hal ini memang menjadi halyang biasa terjadi pada semua perempuan pasca melahirkan. Jadi ibu tidak perlu cemas memikirkan masalah ukuran perut yang lebih membesar sebab terdapat beberapa cara yang alami dan juga aman untuk mengecilkan perut pasca persalinan. Namun seperti program penurunan ukuran tubuh lainnya, prosesnya tentu tidak dapat cepat. Berikut ini adalah cara - cara yang bisa ibu lakukan untuk mengencangkan perut setelah perasalinan normal: 

1. Senam Nifas

Senam nifas adalah latihan jasmani yang dilakukan oleh ibu-ibu setelah melahirkan setelah keadaan tubuhnya pulih, dimana fungsinya adalah untuk mengembalikan kondisi kesehatan, untuk mempercepat penyembuhan, mencegah timbulnya komplikasi, memulihkan dan memperbaiki regangan pada otot–otot setelah kehamilan, terutama pada otot – otot bagian punggung, dasar panggul dan perut. 

2. Menyusui

Sangat disarankan bagi ibu untuk memberikan ASI untuk anaknya. Dengan menyusui, asupan gizi yang dibutuhkan oleh bayi ibu dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu, terdapat manfaat lain dari menyusui yakni dengan menyusui setiap harinya, ibu juga bisa mengurangi 5000 kalori dari dalam tubuh sehingga pastinya akan berdampak pada penurunan berat badan ibu. 

3. Mengatur Porsi Makan

Ibu dapat mengatur porsi makan dengan porsi yang sedikit namun dalam jangka waktu yang sering. Cara ini sangatlah efektif jika dijalankan dengan rutin dan teratur. Tujuan yang paling utama dari mengatur porsi makan adalah untuk mencegah terjadinya penumpukan lemak serta kalori di dalam tubuh. Dengan demikian berat badan ibu dapat terkontrol dengan baik. 

4. Pola Hidup Sehat

Lakukan pola hidup sehat dengan memilih makanan makanan yang sedikit rendah lemak dan juga rendah kalori.Namuntetap memperhatikan konsumsinya dan bukan menguranginya secara drastis, karena sebagai ibu menyusui, bayi ibu sangatlah membutuhkan nutrisi untuk proses pertumbuhannya dan perkembangannya. Aturlah makanan dengan pola hidup sehat dengan meminta bantuan kepada suami atau ahli gizi untuk tetap memperhatikan kelengkapan gizinya. 

5. Perbanyak Minum Air Putih.

Air putih dapat berfungsi untuk membersihkan organ di dalam tubuh terutama pada saluran pencernaan terutama dari berbagai macam penyakin dan racun. Minum air putih sangatlah penting untuk tubuh karena hal ini dapat membantu proses pada pencernaan pada ibu secara lebih baik dan apabila memiliki pencernaan yang sehat itu berarti juga bisa membantu untuk melangsingkan tubuh anda. Hal itu terjadi juga karena dengan banyak meminum air putih ibu dapat menahan rasa lapar selain juga dapat mencairkan konsentrasi sodium di dalam tubuh yang berakibat dapat memperbanyak air yang keluar dari dalam tubuh. Namun tetap ketahui batasan – batasannya agar tidak terjadi kembung. 

6. Menggunakan Stagen

Penggunaan bengkung (stagen) bisa melangsingkan kembali perut yang melar terutama bagi wanita sehabis melahirkan. Hal ini disebabkan adanya tekanan ke dalam rongga perut sehingga dapat membantu kontraksi rahim ke bentuk semula. Alasan beberapa ibu setelah melahirkan diantaranya agar otot perut dan kulit yang longgar dapat cepat kembali ke bentuk tubuh seperti sebelum hamil, mengembalikan bentuk perut agar kembali ramping. Tentu saja pemakaian stagen ini harus rutin tidak hanya sehari dua hari bahkan dipakai untuk seterusnya akan lebih baik stagen untuk mengencangkan perut setelah melahirkan

Pada masyarakat Jawa pemakaian stagen ini dilakukan hingga 40 hari. Tetapi menurut pengalaman sebagian ibu postpartum yang menggunakan stagen mengatakan bahwa efek saat menggunakan stagen menimbulkan rasa tidak nyaman, sulit bergerak, dan sebagian ada yang merasakan gatal pada bagian perut ibu. 

7. Olahraga Ringan

Ibu dapat melakukan olahraga yang ringan seperti senam. Ketika ibu melakukan kegiatan olah raga secara teratur, ibu dapat mengencangkan kembali otot-otot yang selama masa kehamilan menjadi kendor merubahnya kembali menjadi kencang.
8. Latihan Otot Perut Ringan

Lakukan latihan otot ringan seperti dengan cara duduk, berdiri atau berbaring. Caranya dengan menarik perut ke bagian perut dalam dengan cara memberikan kontraksi pada otot perut, lalu tahan selama beberapa menit. 

Untuk memperkecil resiko terjadinya kecelakaan pasca persalinan, sebaiknya ibu mengkonsultasikan dulu bersama dokter untuk memastikan keadaan tubuh ibu sudah mampu untuk melakukan berbagai gerakan olahraga tadi atau belum. Selamat mencoba, semoga perutnya kembali seperti semula.

Semoga Bermangfaat