Tips membersihkan Microwave Secara Sederhana



Kadang kala seusai memanggang makanan kegemaran, microwave/ oven Anda kemudian jadi kotor. Berikut ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu Anda.

Untuk microwave

Anda bisa membuat sendiri krim pembersihnya, yaitu dengan mencampurkan 45-60 ml baking soda dengan air secukupnya. Gunakan bahan dengan memakai spon lembut untuk membersihkan bagian dalam dan sekitar pintu microwave, lalu lap dengan kain bersih basah. 

Untuk oven

Untuk resep aman pembersih oven dapat menggunakan 250 ml baking soda dan 60 ml washing soda. Caranya percikkan air secara merata pada bagian dasar oven, lalu bubuhkan campuran kedua bahan tadi. Lalu, percikkan air lagi di atas bubuhan, diamkan semalam. Esok harinya, bersihkan dengan spon kasar. Kemudian, Anda dapat membersihkan bagian dalam dan atas pintu oven dengan menggunakan spon lain yang diberi sedikit sabun cair dan air. Terakhir lap dengan kain basah seluruh bagian oven, dalam dan luar. 

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa kandungan bahan pembersih oven yang beracun dan berbahaya bagi kesehatan, seperti Lye (dapat merusak kulit) dan amonia (menyebabkan iritasi mata dan paru-paru).