Resep Kering Tempe Kacang Garing Istimewa

iklan


Tips Ibu saya selain menggoreng tempe hingga kering adalah menjemur potongan tempe di terik matahari hingga garing dan keras. Saya pernah mencoba cara ini namun hasil akhirnya adalah warna tempe yang menjadi coklat abu-abu, membuatnya sama sekali tidak terlihat menarik. Abu-abu mungkin terlihat oke untuk rok seragam tetapi bukan warna yang tepat untuk makanan. Selain itu, dengan hujan yang terus-menerus mengguyur Jakarta maka mustahil rasanya bisa menjemur tempe tanpa terkena gangguan cuaca.


Kunci penting lainnya untuk menghasilkan kering tempe garing adalah mencincang bumbu hingga menjadi serpihan kecil dan menumisnya hingga kering. Potongan bumbu yang masih sedikit basah akan membuat kering tempe menjadi lembab. Untuk menghasilkan bumbu kering maka minyak perlu diberikan sedikit lebih banyak dibandingkan takaran umumnya. Aduk-aduk dan tumis bumbu dengan api kecil saja agar tidak mudah gosong dan mampu kering sempurna.  Tips terakhir adalah gula merah yang banyak. Masakan a la Ny. Hendrawan memiliki ciri khas kuliner Jawa Tengah dan Jogja yang sedikit manis, dan kering tempenya yang sedap ini pun memiliki cita rasa tersebut. 

Saya menggunakan 100 gram gula merah yang saya sisir halus dan tumis bersama bumbu hingga mengental seperti karamel. Menurut saya porsi gula ini sudah sangat pas berkolaborasi dengan bumbu lainnya, namun jika rasa manis bukan favorit anda maka gunakan takaran gula sekitar 70 atau 80 gram saja. Perlu ditekankan bahwa gula merah yang cukup porsinya akan membuat kering tempe menjadi garing dan tidak mudah melempem. Ketika gula dimasak dan berubah menjadi karamel,  maka gula akan menyelimuti seluruh permukaan bahan, saat telah mendingin gula akan mengeras dan melindungi potongan tempe dari udara. Kondisi ini mencegah kering tempe menjadi mudah melempem bahkan ketika disimpan berhari-hari lamanya disuhu ruang sekalipun.  


>Bumbu yang kering dan balutan gula juga akan membuat lauk menjadi tahan lama, untuk kasus saya hingga resep ini ditulis kering tempe masih tetap oke walau 5 hari telah berlalu dan saya hanya menyimpannya di dalam stoples di meja makan.

Bahan lain yang saya tambahkan di kering tempe adalah kacang goreng, saya menggunakan  kacang kupas karena kebetulan bahan ini telah mendekam lama di kulkas. Tentu saja perannya bisa digantikan dengan bahan lain seperti kacang tanah yang masih memiliki kulit ari, teri atau rebon goreng, jadi saya kembalikan ke selera anda masing-masing. Berikut ini resep dan prosesnya ya.   

Kering Tempe Kacang Garing
Resep hasil modifikasi sendiri 

Bahan:
- 600 gram tempe (1 papan tempe ukuran besar)
- 300 gram kacang tanah (saya pakai kupas)

Bumbu dicincang halus:
- 5 siung bawang putih
- 6 siung bawang merah
- 5 buah cabai rawit merah
- 5 buah cabai merah keriting

Bumbu lainnya:
- 2 cm jahe, memarkan
- 3 cm lengkuas, memarkan
- 3 lembar daun salam, sobek-sobek kasar
- 80 s/d 100 gram gula Jawa, sisir halus
- 1 1/2 sendok teh garam (tambahkan jika kurang asin)
- 2 sendok makan kecap manis
- 50 ml minyak untuk menumis bumbu

Cara membuat:

Resep Kering Tempe Kacang Garing

Siapkan kacang tanah, bisa menggunakan yang sudah dikupas atau yang masih ada kulit arinya. Goreng kacang hingga matang. Angkat dan tiriskan.

Siapkan tempe, iris tipis dan potong setebal 3 mm (seukuran korek api), semakin tipis maka akan semakin mudah dan cepat kering ketika digoreng. 

Resep Kering Tempe Kacang Garing

Goreng potongan tempe dalam minyak yang banyak hingga garing, kering dan renyah ketika dikunyah. Aduk-aduk selama tempe digoreng agar kering merata. Sebaiknya gorenglah  tempe secara bertahap, terlalu banyak memasukkan tempe ke minyak akan membuatnya justru lama kering. Angkat tempe dan tiriskan. 

Resep Kering Tempe Kacang Garing

Siapkan wajan, beri 3 sendok makan minyak panas bekas menggoreng tempe. Tumis bawang putih hingga kuning keemasan, masukkan bawang merah, dan cabai, tumis hingga bumbu terlihat mengering.

Tambahkan jahe, lengkuas dan daun salam, aduk rata, dan tumis hingga daun rempah mengering. Gunakan api kecil saat menumis bumbu dan aduk-aduk selama ditumis agar tidak mudah gosong. Bumbu yang kering akan membuat kering tempe tidak melempem.Tambahkan minyak jika bumbu mudah gosong.

Masukkan gula, garam dan kecap manis, aduk dan masak dengan api kecil hingga tumisan kental, mendidih dan gula meleleh sempurna. Ketika bumbu mendidih, masak beberapa detik lagi agar air benar-benar menghilang dari dalam bumbu. 

Resep Kering Tempe Kacang Garing

Masukkan kacang tanah dan tempe goreng, aduk hingga tercampur rata. Gunakan api kecil saat mengaduk tempe dan bumbu, wajan harus hangat selama bahan dicampur untuk menjaga gula tetap lumer dan mampu tercampur baik dengan bahan. Masak selama beberapa detik. Cicipi rasanya, sesuaikan rasa asinnya. Angkat.  

Note: 
* Saya menggunakan 100 gram gula merah, menurut saya porsi ini sudah cukup pas. Jika terlalu manis gunakan 80 gram saja. Gula yang kurang akan membuat bumbu sulit melumuri permukaan bahan dengan baik dan membuatnya mudah melempem. 

** Ketika telah mendingin maka kemungkinan besar kering tempe akan membentuk gumpalan, dengan menggunakan jemari tangan hancurkan gumpalan sehingga potongan bahan terpisah satu dengan lainnya. 

*** Ketika telah benar-benar dingin, masukkan kering tempe di dalam wadah tertutup rapat. Kering tempe aman disimpan di suhu ruang selama 1 minggu lamanya.  

[usttryandtaste]