Senin, 13 Februari 2017

Bagaimana sih cara mudah mengetahui Tubuh Anda kurang serat? Ini Cirinya..!



Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwasannya Serat sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Kesehatan sistem pencernaan merupakan salah satu manfaat utama dari serat.Meski sangat bermanfaat dan semua orang tahu itu tetapi prakteknya kebanyakan orang hanya mengkonsumsi serat per hari hanya sejumlah 15 gram. Jumlah yang sama sekali jauh dari kata ideal karena 40 gram adalah konsumsi serat harian yang dianjurkan. Untuk itu anda perlu mengetahui ciri-ciri apa saja jika tubuh anda kekurangan serat.Berikut sehat-secara-alami.blogspot.com uraikan soal tersebut lebih detail dibawah ini.

ciri tubuh kurang serat

apel mengandunng banyak serat


Ciri-ciri tubuh kekurangan serat

1. Berat Badan Bertambah

Jika tubuh anda mengandung serat yang cukup maka akan membuat perut Anda terasa kenyang lebih lama artinya anda tidak perlu makan terlalu banyak.Bahkan dengan makan roti gadumpun sudah terasa kenyang.Nah Sebaliknya jika kita kurang serat maka kita cenderung terus makan berkali-kali sehingga membuat berat badan kita akan terus bertambah tanpa kita sadari.

2.Kadar Kolesterol dalam tubuh meningkat

kolesterol jahat dalam tubuh akanberkurang jika tubuh kita cukup serat karena Sejatinya serat mempunyai kemampuan menyerap zat berbahaya itu. Akibatnya apabila tubuh kita kekurangan serat maka angka kolesterol jahat dalam tubuh bisa meningkat tajam. Demikian dikutip dari dari American Journal of Clinical Nutrition. Dalam penelitian tersebut disimpulkan bahwa semakin banyak serat ditubuh kita kolesterol dalam tubuh berkurang hingga 60-70%.



3.Tidak Pernah Merasa Kenyang

Orang yang kekurangan serat bawaanya makan melulu ya serat yang cukup bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama.Otomatis jika kurang serat maka membuat berat badan Anda akan semakin naik.

4. Sulit BAB

Seperti disampaikan diatas jika serat berhubungan langsung dengan kesehata sistem pencernaan tubuh anda. tubuh Anda yang kekurangan serat khususnya serat larut yang mampu mendorong pergerakan usus akan menyebabkan wasir atau sembelit kronis.


Nah setelah mengetahui ciri dan akibat kekurangan serat diatas maka tindakan selanjutnya adalah menambah makan makanan yang mengandung serat dan mengurangi makanan penyebab kegemukan. Banyak yang tidak menyadari jikalau dilingkungan sekitar kita sebenarnya ada banyak makanan sumber serat. Makanan itu diantaranya sayur-mayur,gandum, buah-buahan serta biji-bijian adalah makanan yang perlu anda konsumsi jika tidak ingin kekurangan serat ditubuh anda.


Semoga bermangfaat
Back To Top